0 comments / Posted on by Seoul2u Team

#Beautyinsight : Semua Hal tentang Toner yang Harus Kamu Tahu!

Setelah beberapa waktu lalu tim SEOUL2U.id pernah share ig story tentang konten #Beautyinsight yang mau dibahas minggu ini antara Toner atau Cleanser, hasilnya lebih banyak di antara Seoulmate memilih untuk membahas tentang Toner! Yes, this article is for you guys. Biar gak bingung lagi mengenai toner, yuk kita bahas semua hal tentang toner sekarang juga!

Yuk Baca: Rekomendasi Produk Eye Primer Korea 

FIRST THINGS, APA SIH TONER ITU?

Dikutip dari Kompas.com , Seorang dermatolog dari Yale bernama  Dr. Alicia Zalka mengatakan bahwa toner merupakan langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya, bila digunakan dengan benar, adalah dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin tersisa di wajah setelah mencuci muka.

Menurut Paula's Choice, toner akan lebih membantu membersihkan dan menyegarkan kulit wajah kita. Kelebihan yang dimiliki toner terkadang nggak terdapat pada pembersih wajah (facial wash), makanya toner akan mengisi kekurangan tersebut. Pemakaian toner yang teratur akan ngasih investasi jangka panjang untuk kulit wajah. Bikin kulit wajah kita lebih bersih, fresh, moist dan hydrating. Jadi, kesimpulannya kalo ditanya wajah kita butuh toner atau nggak, yes perlu banget!

JENIS TONER ITU APA AJA?

Seoulmate, jenis toner itu macam-macam ya Seoulmate. Tapi jenis toner yang sering digunakan dikelompokan menjadi 2 jenis, yaitu Exfoliating Toner (Acid Toner) dan Hydrating Toner. Kedua jenis toner ini digunakan dengan cara double toning. Yes, exfoliating first then hydrating.

Exfoliating Toner (Acid Toner)

Exfoliating Toner punya fungsi utama yaitu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit wajah terlihiat kusam. Nggak cuma itu lho, kandungan acid atau asam juga akan bantu me-regenerasi kulit dengan sel kulit baru sekaligus membersihkan pori-pori tersumbat yang jadi penyebab jerawat, whiteheads, blackheads, atau komedo. Jenis acid toner yang saat ini ada di pasaran adalah:

AHA (Alpha Hydroxy Acids):  Salah satu jenis acid yang berasal dari buah-buahan, kacang, susu, dan gula. Yang termasuk AHA adalah Glycolic Acid, Lactic Acid, Mandelic Acid, Citric Acid dan Malic Acid). AHA lebih diperuntukkan Seoulmate yang punya kulit normal ke kering dan wrinkles (aging sking). Dan eksfoliasi AHA gak akan sedalam BHA.

BHA (Beta Hydroxy Acids): lebih dikenal juga sebagai Salicylic Acid dan Betaine Salicylate, BHA lebih ditujukan untuk kulit oily (berminyak) dan blemish-prone skin. Hal itu mampu dilakukan si Salicylic Acid yang punya sifat lipophilic (menarik minyak) dan keratolytic yang mampu menembus dan membersihkan folikel dari sisa kotoran minyak di kulit wajah.

PHA (Poly Hydroxy Acids): PHA punya fungsi untuk mengeksfoliasi tapi PHA lebih ringan dibanding AHA dan BHA. Karena itulah PHA gak menyebabkan iritasi di kulit wajah. Cocok buat kita yang punya kulit sensitif dan juga yang baru mau cobain exfoliating toner.

Yuk Baca: Seoulmate ini Dia Masker Buah untuk Kamu Pemilik Kulit Kering 

Hydrating Toner

Next ada Hydrating Toner. Hydrating Toner bisa berbentuk air atau lotion ya Seoulmate. Fungsi toner ini adalah untuk melembabkan kulit (calming) setelah pemakaian acid toner. Kalo bisa jangan skip pemakaian hydrating toner untuk mencegah kulit kita jadi kering, apalagi kalo exfoliating toner kita punya sifat mengurangi kadar minyak berlebih. Untuk menemukan hydrating toner triknya cukup cari produk dengan keyword "hydrating", "soothing", atau "moisturizing" dengan kandungan yang bisa melembabkan kulit. Contohnya seperti hyaluronic acid, gliserin, ceramides atau sodium PCA. Toner dengan kandungan alami kayak aloe vera, seaweed, atau chamomile ya Seoulmate.

Selain exfoliating toner dan hydrating toner, ada juga toner yang berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH wajah. Toner itu disebut dengan balancing toner.

CARA PAKE TONER YANG BAIK?

Pakai tangan atau pakai kapas ya? Hihi itulah yang sering dipertanyakan saat baru memulai penggunaan toner. Sesuai jenisnya, ada beberapa cara pengaplikasian toner, yaitu:

Pakai kapas: Banyak yang bilang kalo pake kapas suka sayang karena boros, tapi justru pake kapas lebih efektif karena bisa ngangkat sel kulit mati jauh lebih baik. Cara ini pas untuk kita yang punya kulit oily-acne prone atau clogged prone. Dengan kapas juga kita bisa ngeliat sejauh apa toner kita bekerja (bisa dilihat dari kotor nggaknya kapas tsb). Tapi ingat, pengaplikasiannya jangan digosok dengan keras ya, cukup diusap perlahan dengan lembut karena kalau terlalu keras bisa-bisa sel kulit yang masih hidup juga terangkat bahkan bisa-bisa malah jadi iritasi.

Tangan: Nah kalau yang ini disarankan untuk kita yang punya kulit kering - sensitif, gesekan kapas pada kulit akan membuat kulit wajah jadi kemerahan. Nah, caranya kita bisa tuang toner di telapak tangan dan tempelkan selama beberapa detik ke wajah. Beauty guru, Meejmuse pernah menyarankan sebelum ditempel ke wajah sebaiknya toner digosokan di kedua telapak tangan terlebih dulu. Dengan cara seperti itu suhu tangan yang hangat akan membantu proses penyerapan toner ke wajah jadi lebih baik.

Mist atau spray: Spray toner biasanya direkomendasikan untuk yang kulit berminyak supaya kadar minyak nggak meningkat. Caranya, tentukan jarak antara wajah dan spray, jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh ya Seoulmate. Semprotkan perlahan setelah itu kamu bisa tepuk-tepuk wajah dengan telapak tangan.

Nah buat Seoulmate yang ingin coba menggunakan toner, pertama banget kamu harus ketahui jenis kulitmu ya. Setelah itu kamu bisa aplikasikan double toning untuk dapatkan wajah yang benar-benar bersih. Kamu bisa temukan produk toner yang kamu butuhkan di SEOUL2U.id ya!

Yuk Baca: 
5 Tips Gunakan Make Up Saat Sakit 
10 Step Korean Hair Care yang Bisa Dilakukan di Rumah 
#BEAUTYINSIGHT : Alasan SPF/Sunscreen Penting Banget Digunakan

 

#BeautyInsight

#NewbieSeries

Skincare

Make Up

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing