Body & Skin Care » hair care

  • 10 Step Korean Hair Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    10 Step Korean Hair Care yang Bisa Dilakukan di Rumah

    Gak hanya produk kecantikan Korea aja lho yang terkenal bagus untuk kulit. Kalau kamu perhatikan, rambut dari artis-artis Korea juga selalu tertata rapi. Mereka juga punya perawatan rambut yang gak kalah bagus dengan skin care mereka. Kalau kamu mau tau langkah-langkah perawatan rambut ala Korea versi tim SEOUL2U.id yuk simak!

    Step 1: Scalp Treatment (seminggu sekali)

    Innisfree Green Tea Scalp Scaler

    Langkah pertama dalam perawatan rambut ala Korea yakni scalp treatment atau perawatan kulit kepala. Keseluruhan perawatan rambut diawali dari folikel di kulit kepala ya Seoulmate. Ahli kecantikan asal Korea mengatakan dengan menjaga kulit kepala bersih, sehat dan tereksfoliasi, kita bisa membiarkan rambut sehat tumbuh di kulit kepala kita lho. Nah untuk mendapatkan kulit kepala yang bersih dan sehat kamu bisa gunakan Scalp Scaler. Scalp Scaler adalah pra-perawatan rambut berbasis asam salisilat yang akan mengelupas, mengangkat kulit mati  di kepala dan juga menghancurkan penumpukan minyak.

    Step 2: Shampoo and Scalp Massage

    Scalp massager

    Kalau shampoo kamu pasti menggunakannya kan Seoulmate? Shampoo digunakan untuk membersihkan keseluruhan rambutmu dari akar hingga ujung rambut. Nah selain produk shampoo kamu juga perlu melakukan massage untuk kulit kepalamu lho. Scalp massage punya manfaat yang baik lho seperti meningkatkan sirkulasi darah, memaksimalkan pernafasan pada kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala. Untuk melakukan scalp massage, kamu hanya butuh sisir yang punya permukaan yang lebih pendek dari sisir biasanya.

    Step 3: Conditioner

    Nature Republic Argan Essential Deep Care for Damaged Hair

    Produk conditioner rambut saat ini banyak yang menggabungkan antara shampoo dan conditioner secara 2in1. Tapi kalau kamu gak cocok dengan produk ini, bisa menyebabkan rambutmu kering lho Seoulmate. Nah lain lagi kalau kamu ngerasa conditionermu gak bekerja sepenuhnya. Yang harus kamu lakukan adalah diamkan lebih lama conditionernu.

    Step 4: Deep Condition / Hair Mask (Seminggu sekali)

    Tonymoly Haeyo Mayo Hair Nutrition Pack

    Perawatan rambut ini juga hype lho di Indonesia. Yes, Hair mask. Kamu bisa lakukan hair mask 1x dalam seminggu. Hair mask akan membuat rambutmu halus dan lembut. Kalau ditanya perbedaan antara conditioner dan hair mask mana yang lebih baik, jawabannya adalah hair mask lho Seoulmate. Sebab hair mask memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih powerful dibanding conditioner.

    Step 5: Bilas dengan Cuka (Seminggu sekali)

    Holika Holika Hair Rinsing Vinegar

    Membilas dengan cuka? Terdengar ekstrim ya! Tapi tahukah kamu Seoulmate, kalau kulit dan rambut harus dijaga keseimbangan pH nya? Kulit kepala dan kulit tubuh memiliki pH yang nyaris asam lho kulit kepala memiliki pH 3,5 sedangkan kulit tubuh memiliki pH 5,5. Nah sedangkan keseimbangan pH pada kulit dan kulit kepala terkadang bisa menjadi basa akibat penumpukan debu dan bakteri. Nah oleh karena itu, perlu untuk menyeimbangkan pH dengan membilas rambutmu dengan cuka, yakni cuka apel dengan pH 3. Eits, jangan langsung membilasnya ke kepala ya Seoulmate! Kamu harus encerkan dulu dengan air. Sehingga pH yang didapatkan menjadi 4 dan aman bagi kulitmu. Setelah membilas dengan cuka apel, jangan lupa juga untuk menghilangkan sisa cuka apel dengan air mengalir. Maka, voila! Rambutmu akan terasa mengagumkan lho!

    Step 6: Scalp Mask (seminggu sekali)

    Skinfood Peppermint Fresh Scalp Cooling Mask

    Selain ada hair mask, ada juga scalp mask lho! Buat kamu yang belum tahu, scalp mask ini bisa buat kulit kepalamu terasa lebih ringan nih Seoulmate. Caranya, setelah keramas, kamu bisa bila sisa shampoo yang ada. Kemudian aplikasikan produk scalp mask di kepalamu dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu jangan lupa untuk dibilas ya!

    Step 7: Scalp Tonic

    Skinfood Peppermint Fresh Scalp Relaxing Tonic

    Next setelah kamu keramas, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan scalp tonic atau tonic khusus kulit kepala. Sama seperti wajah, kulit kepala juga membutuhkan tonic lho. Scalp tonic berfungsi untuk menyiapkan kulit kepalamu sebelum melalui proses styling.

    Step 8: Scalp Essence or Serum

    Shiseido Adenovirus Vital Scalp Essence

    Scalp essence or serum dikhususkan untuk mereka yang memiliki kulit kepala cenderung berminyak atau kering. Scalp essence bisa digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kepala yang berminyak. Sedangkan pemilik kulit kepala kering bisa menggunakan scalp serum. Kegunaan dari scalp essence dan serum yaitu sama-sama membuat kulit kepala terasa nyaman. Nah buat kamu yang punya kulit kepala normal, step ini bisa kamu skip ya.

    Step 9: Hair Essence or Serum

    Skinfood Avocado Leave-in Fluid

    Kalau scalp essence atau serum dikhususkan untuk kulit kepala, hair essence or Serum dikhususkan untuk rambut. Sama dengan scalp essence atau serum, hair essence or Serum juga digunakan sesuai dengan kebutuhanmu ya Seoulmate.

    Step 10: Miscellaneous Hair Items

    Etude House’s OMG! Dry Shampoo

    Berbagai senjata ampuh yang bisa digunakan demi memaksimalkan penampilanmu yakni dry shampoo dan heat protection. Dry shampoo bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut lepek. Sedangkan heat protection digunakan sebagai pertahanan rambut sebelum melakukan styling rambut ya Seoulmate.

    Nah itu tadi 10 Step hair care korea versi tim SEOUL2U.id yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan rambut ‘baday’ ala artis Korea ya. Kalau kamu merasa kesepuluh step tadi berat, kamu bisa coba dan modifikasi hair care routine kamu Seoulmate. Jangan lupa untuk update skin care dan make upmu hanya di SEOUL2U.id ya!

    Read more