Body & Skin Care » lipcare

  • Kondisi Kesehatan Kamu Bisa Diketahui dari Kondisi Bibir Lho

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    Kondisi Kesehatan Kamu Bisa Diketahui dari Kondisi Bibir Lho

    Bukan cuma jerawat yang bisa jadi indikator atau tanda tubuh mengalami kondisi buruk lho. Kondisi bibir juga menandakan kondisi tubuh kamu Seoulmate. Penasaran apa aja tanda yang diberikan bibir pada kondisi tubuh kamu?

    Bibir kering

    Dermatologis, bibir kering memang masalah kesehatan paling umum yang terjadi di area bibir. Penyebabnya sama seperti area kulit lainnya, ketika kulit kekurangan cairan, kulit tersebut akan menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi tersebut bisa diperparah kalau disengaja dikelupas dengan tangan, digigit, atau membasahi bibir agar terlihat basah. Padahal, air liur justru akan membuat bibir menjadi lebih kering. Bibir kering umumnya disebabkan tubuh kekurangan cairan atau terpaan cuaca yang terik, tapi bila minum air dan menjaga bibir tetap lembab dengan produk saja tidak berhasil, bisa jadi penyebabnya adalah alergi atau dermatitis kontak alias iritasi yang disebabkan pemicu dari luar. Beberapa orang cenderung sensitif terhadap beberapa bahan lip balm yang bisa membuat bibir jadi kering, merah, dan iritasi. Maka kamu harus cermat memilih lip balm yang cocok untuk bibir kamu ya Seoulmate.

    Pecah-pecah di bagian pinggir bibir

    Dalam kondisi yang mengarah serius, acnitic cheilitis mengakibatkan nyeri di ujung bibir dan terkadang di dalam mulut yang bisa diakibatkan oleh kekurangan nutrisi atau infeksi jamur. Orang-orang yang memiliki masalah kesehatan diabetes dan penyakit auto-imun juga mudah terserang kondisi ini karena kekurangan vitamin B dan zat besi dalam tubuh. 

    Bibir pucat

    Bila bibirmu terlihat pink pucat, hal itu bisa mengindikasikan kekurangan vitamin atau bahkan kanker kulit. Bibir yang tiba-tiba pucat bisa merupakan tanda anemia kekurangan zat besi, yaitu ketika sel darah tidak memiliki cukup bahan untuk membentuk hemoglobin. Darah menstruasi yang terlalu banyak atau penyebab kehilangan darah dan nutrisi lainnya dapat menyebabkan anemia.

    Bibir bengkak

    Pembengkakkan pada bibir bisa jadi tanda dari reaksi alergi atau masalah kesehatan lainnya. Sebuah riset di tahun 2018 menyebut kalau pembengkakkan bibir bisa menjadi gejala penting dari penyakit lokal maupun sistem tubuh dari mulai alergi hingga tumor. Bibir yang bengkak bisa diakibatkan reaksi alergi dari lipstick, pasta gigi, atau pembersih wajah dan kalau kamu curiga memang itu penyebabnya, ganti produknya dengan bahan yang lebih sesuai. Bila bengkaknya tidak hilang dan bahkan membuatmu sulit bernapas atau menelan, lebih baik diperiksa secepatnya ke dokter ya.

    Herpes Simpleks

    Herpes simpleks yang diperkirakan menyerang hampir 70 persen dari orang berusia di bawah 50 tahun di seluruh dunia adalah lesi menyakitkan berbentuk luka kecil dan lepuh merah di area bibir yang disebabkan oleh virus yang mungkin awalnya tak terlihat (dorman) di sistem tubuhmu, tapi bisa bangkit bila mengalami kondisi stress, kurang tidur, masalah imunitas, sengatan matahari, atau kekurangan nutrisi. Gejala awalnya adalah perasaan perih yang diikuti dengan munculnya bintil kecil yang matang dalam satu sampai tiga hari. Namun biasanya gejala itu akan sembuh sendiri dalam waktu 7 sampai 10 hari. Bila kamu merasakan gejala tersebut, kamu bisa meminta rekomendasi obat dari dokter atau krim penyembuh. Dan sesuai namanya, virus herpes ini bisa tersebar dari kontak langsung, jadi pikir-pikir lagi ya sebelum berciuman.

    Bibir terbakar

    Bibir bisa terasa terbakar bila terekspos oleh sinar matahari langsung dalam waktu lama, yang pada akhirnya juga berisiko kanker kulit. Saat sedang berjemur atau berada di bawah terik matahari, jangan lupakan area bibir saat memakai tabir surya. Agar lebih mudah, pakai tabir surya dalam bentuk stick seperti lip balm yang kamu pakai ulang dalam selang beberapa jam. Untuk kebanyakan kasus, minum air putih yang cukup dan menjaga kelembaban bibir seharusnya sudah bisa membantumu mengatasi masalah kesehatan pada bibir, namun bila kondisi bibir tak membaik dalam beberapa minggu, diskusikan hal itu ke dokter.

    Yuk Seoulmate, sebelum tanda-tanda ini muncul kamu harus perhatikan kesehatan bibir kamu. Caranya dengan merawat kesehatan bibir dan menjaga asupan makanan. Kamu bisa menemukan produk-produk lip care di SEOUL2U.id ya!

    Read more

  • Anti Bibir Pecah-Pecah dengan Lip Care Routine Ini Yuk!

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    Anti Bibir Pecah-Pecah dengan Lip Care Routine Ini Yuk!

    Bibir kering dan pecah-pecah bikin make up kamu gak banget! Kamu harus tau nih Seoulmate, gak hanya kulit wajah dan rambut aja yang perlu dirawat. Bibir juga lho! Merawat bibir itu penting nih Seoulmate, agar lipstik yang selalu kamu pake gak crack karena tekstur bibir yang gak banget. Supaya kamu terhindar dari lipstik yang crack di bibir, kamu perlu lakukan lip care routine. Mau tau apa aja sih langkah-langkah lip care routine? Yuk simak!

    Bersihkan Bibir

    Yang paling pertama kamu lakukan adalah membersihkan bibir. Setelah seharian menggunakan lip product, kamu harus menghapus lip product yang kamu gunakan itu. Kamu bisa gunakan make up remover khusus -biasanya eyes & lips make up remover. Usapkan perlahan ya seoulmate.

    Eksfoliasi Bibir

    Kamu pernah dengar ‘scrubbing lip’ ? Ya, ini sama aja kayak kamu melakukan eksfoliasi pada bibirmu. Setelah membersihkan bibir dengan make up remover, kamu bisa gunakan produk lip scrub ya. Atau kalau kamu mau gunakan bahan alami? Kamu bisa gunakan gula pasir yang bertekstur lebih halus yang dicampur dengan madu nih Seoulmate. Jangan lupa untuk membersihkan sisa scrub bibir kamu menggunakan air bersih ya.

    Yuk Baca: 5 Warna Lipstick Wajib Ada di Pouch Make Up mu

    Gunakan Lip Sleeping Mask

     

    Ketika malam hari sebelum tidur, kamu bisa gunakan lip sleeping mask untuk hasil bibir yang lembab sempurna. Selama 8 jam kamu tidur, lip sleeping mask akan membantu melunakkan kulit mati yang belum terangkat saat kamu lakukan eksfoliasi sebelumnya. Oh ya, jangan lupa untuk bilas dengan air bersih ya ketika kamu bangun tidur ya.

    Lip Balm

    Kalau kamu melakukan lip care routine ini di pagi hari, kamu bisa skip lip sleeping mask dan langsung aja pakai lip balm ya Seoulmate. Lip balm juga membuat bibir jadi lebih lembab dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan bibir. Lip balm juga sekaligus menjadi ‘benteng’ pertama antara bibir kamu dengan lipstik, lip tint, atau beragam lip product lainnya. Untuk perlindungan ekstra dari sinar UV, kamu bisa pilih lip balm yang mengandung SPF ya!

    Perbanyak Minum Air Putih

    Last but not least, AI-R-PU-TIH! Keep hydrate your body! Selama kamu memenuhi kebutuhan air dalam tubuhmu, bibirmu pun gak akan mengalami kekeringan ya Seoulmate! Sesuaikan jumlah konsumsi air dengan kebutuhan tubuhmu.

    Seoulmate kesehatan bibir juga penting loh untuk menunjang penampilan kita. Kalau kamu sudah lakukan lip care routine belum nih? Oh ya, jangan lupa untuk selalu merawat kulit wajah dan rambutmu ya! Tetap update  skin care dan make up mu di SEOUL2U.id ya! Masih ada SEOUL2U.id Sale lho!!

    Yuk Baca:

    ‘Map Of The Soul: Persona’ Milik BTS Pecahkan Rekor Pre-Order Album Terbaru!

    Concealer / Foundation lebih dulu mana yang benar?

    #BEAUTYINSIGHT Resolusi 2019: Punya Kulit Bening

    Read more