Body & Skin Care » sensitive skin

  • #BEAUTYINSIGHT : Kulit Sensitif vs Kulit Alergi

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    #BEAUTYINSIGHT : Kulit Sensitif vs Kulit Alergi

    Seoulmate terkadang kita sulit membedakan kulit sensitif dengan kulit alergi ya. Karena terkadang gejala yang muncul pada 2 masalah kulit ini hampir sama, seperti munculnya kemerahan pada kulit. Nah untuk itu, #BEAUTYINSIGHT -nya SEOUL2U.id kali ini akan ngebahas perbedaan antara kulit sensitif dengan kulit alergi. Yuk simak ulasannya!

    Kulit Sensitif

    Kulit sensitif atau kulit yang mengalami sensitivitas adalah reaksi kulit terhadap suatu zat yang terpapar secara berlebihan dari efek samping normal yang dihasilkan oleh zat itu. Misalnya, pada produk skin care mengandung alpha arbutin untuk mencerahkan wajah, jika diberikan pada dosis yang terlalu tinggi, misalnya di atas 3%, maka kulit Anda bisa mengalami iritasi. Kondisi ini tidak melibatkan respons imun secara langsung yang ditandai dengan adanya pelepasan antibodi seperti halnya pada alergi.

    Penyebab kulit sensitif datang dari intensitas mengganti pola skin care. Terlalu sering mengganti pola skin care akan membuat keadaan kulit menjadi tidak stabil lho Seoulmate. Nah maka dari itu, kamu harus stay pada 1 pola skin care dan mencoba menambahkan atau mengurangi produk skin care mu pada saat yang tepat.

    Yuk Baca: Biar Alis On Fleek, Wajib Ketahui 7 Produk Alis Ini Ya!

    Kulit Alergi

    Alergen khas yang menyebabkan reaksi alergi dapat ditemukan pada tanaman, wewangian, kosmetik, dan logam (seperti nikel dalam perhiasan). Zat ini biasanya disebut dengan alergen. Jika Anda alergi terhadap suatu zat dan terpapar olehnya, sistem kekebalan tubuh Anda akan bereaksi dan melepaskan antibodi yang disebut dengan Immunoglobulin E (IgE)

    Gejala yang ditunjukkan oleh kulit yang mengalami alergi biasanya akan terjadi dalam waktu yang singkat ya Seoulmate. Misalnya kamu alergi pada salah satu bahan kosmetik, nah setiap kali kulitmu kontak langsung dengan bahan tersebut, kamu bisa menunjukkan kulit yang memerah dan bengkak, mata berair, batuk, serta rasa gatal di beberapa bagian tubuh.

    Nah untuk kedua masalah kulit ini, kamu harus pintar-pintar membedakannya ya Seoulmate. Kalau kamu mengalami gejala alergi kulit pada satu produk, kamu harus menemukan bahan yang menyebabkan kamu alergi. Ada baiknya kamu lakukan tes tempel (patch test) agar lebih pasti bahan apa yang menyebabkan kamu alergi. Nah untuk kulit yang sensitif, kamu bisa gunakan skin care atau make up yang lebih lembut dan memang diperuntukkan untuk kulit sensitif ya Seoulmate.

    Yuk Baca: 7 Hari Kecilkan Pori-Pori Wajahmu dengan Cara Ini!

    Itu tadi penjelasan mengenai kulit sensitif dan juga kulit alergi. Ada baiknya kamu menghubungi dokter kalau-kalau reaksi yang ditunjukkan kulitmu semakin parah ya. Oh ya, jangan lupa untuk selalu update skin care dan make up kamu hanya di SEOUL2U.id ya!

    Yuk Baca:

    Rekomendasi Produk Eye Primer Korea

    Wow! Suho EXO Punya Impian untuk Tampil di Panggung Teater Broadway

    5 Kesalahan Saat Membersihkan Makeup

    Read more

  • Produk Skin Care untuk Si Kulit Sensitif

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    Produk Skin Care untuk Si Kulit Sensitif

    Setelah kemarin bahas tentang ciri-ciri dan bahan kimia apa aja yang gak boleh dipakai sama si kulit sensitif, kali ini tim SEOUL2U.id akan bahas tentang produk skin care apa aja yang bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Yuk langsung aja kita bahas!

    Yuk Baca: Bahan Kimia yang Harus Dihindari Si Kulit Sensitif

    Natural Pacific Fresh Herb Calendula Tincture

    Natural Pacific Fresh Herb Calendula Tincture ini mengandung 90% calendula yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat lho Seoulmate. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif cenderung mudah berjerawat, toner ini dapat mengimbangi jumlah minyak dan air di kulit jika digunakan secara teratur. Menariknya, toner ini dapat dijadikan sebagai toner wash dengan cara mencampurkan 3 tutup botol toner dengan air. Campuran air dan toner ini kemudian digunakan untuk mencuci muka.

    NEOGEN Bio-Peel Gauze Peeling Green Tea

    Produk “pintar” yang lagi hype di Korea ini menggabungkan chemical dan physical exfoliator lho. Salah satu produk peeling yang paling populer yaitu dari Neogen dengan Bio-Peel Gauze Peeling Green Tea. Kalau kamu kesulitan mencari produk untuk mengeksfoliasi kulit dari sel kulit mati, kamu bisa mecoba produk yang aman untuk kulit sensitif ini Seoulmate. Kandungan Aloe Barbadensis Leaf Extract dapat menenangkan kulit sensitif serta produk ini juga tidak mengandung paraben dan sulfat.

    COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

    Salicylic Acid memang bisa menyebabkan kulit sensitif terasa gatal, tapi jika kandungan salicylic acid berada pada batas yang aman, sah-sah aja lho dipakai. Kalau kamu lagi mencari pembersih muka yang gentle di kulit berjerawat, kamu bisa menambahkan produk ini pada rutinitas skin care harianmu. Produk ini mengandung 0.5% salicylic acid serta tea tree oil, yang merupakan duo kombo ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu produk ini tidak mengandung alkohol dan bebas paraben!

    Benton Snail Bee High Content Lotion

    Kalau produk ini udah gak asing lagi dong Seoulmate? Cukup sering ya tim SEOUL2U.id membahas produk ini. Inovasi dari skin care Korea yang sangat inovatif salah satunya ialah menggunakan kandungan bee venom! Bahkan kandungan Bee Venomnya bahkan sampai dijuluki sebagai “natural botox”. Lotion dari Benton ini, selain menggunakan Bee Venom untuk meningkatkan produksi kolagen di wajah, juga mengandung willow bark extract untuk melawan jerawat. Tidak sampai di situ, ada juga kandungan niacinamide yang dapat membuat kulit kusam menjadi cerah. Produk ini tidak mengandung alkohol, sulfat dan bebas paraben Seoulmate.

    Yuk Baca: Back up Data WhatsApp-mu Sekarang Sebelum Semua Data Hilang

    Seoulmate itu tadi beberapa produk yang direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif. Gimana menurut kamu? Oh ya jangan lupa untuk selalu update skin care dan make up hanya di  SEOUL2U.id ya! Psst jangan lupa untuk ikutan give awaynya di akun Instagram kita, @seoul2u.id

     

    Read more

  • Bahan Kimia yang Harus Dihindari Si Kulit Sensitif

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    Bahan Kimia yang Harus Dihindari Si Kulit Sensitif

    Kali ini SEOUL2U.id mau kasih info untuk kamu yang punya kulit sensitif. Kulit sensitif biasanya sangat-sangat reaktif lho Seoulmate. Makanya orang dengan kulit yang sensitif biasanya sulit menemukan perawatan atau make up yang cocok untuk kulitnya. Untuk itu tim SEOUL2U.id punya info beberapa bahan kosmetik ini harus dihindari buat kamu si pemilik kulit sensitif. Tapi sebelumnya kamu harus ketahui dulu ciri-ciri kulit sensitif.

    Ciri pertama kulit wajah sensitif adalah sangat kering dan bersisik. Kulit sensitif kurang memiliki kelembaban yang cukup sehingga menyebabkan permukaannya sangat kering dan bersisik. Next wajah mudah kemerahan, kulit sensitif memiliki pembuluh darah dan saraf yang dekat dengan permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit sering memerah. Lalu kulit sensitif juga terlalu reaktif. Kulit sensitif umumnya cepat bereaksi terhadap zat kimia yang ada di dalam produk perawatan wajah lho Seoulmate. Hati-hati ya memilih skin care. Yang terakhir adalah sering merasa gatal. Gatal juga bisa disebabkan cuaca ekstrem dan kebiasaan mencuci muka dengan air panas lho.

    Yuk Baca: Sekarang Belanja di SEOUL2U Bisa Pakai GO-PAY!

    Itu tadi beberapa ciri kulit sensitif. Apakah kamu termasuk diantaranya Seoulmate? Yuk biar gak lama-lama lagi, ini adalah beberapa bahan kosmetik ini harus dihindari buat kamu si pemilik kulit sensitif.

    Salicylic acid, glycolic acid, dan alpha hydroxy acid

    Salicylic acid, glycolic acid, dan alpha hydroxy acid adalah ketiga bahan yang sering ditemui dalam bahan-bahan skin care atau perawatan kulit wajah. Reaksi yang akan didapatkan ketika kulit sensitifmu terpapar zat ini yaitu kulit wajah menjadi terkelupas dan terasa terbakar.

    Bahan Pengawet

    Bahan pengawet akan berpotensi memancing alergi dan iritasi pada kulitmu lho Soulmate. Salah satu bahan pengawet misalnya Methylisothiazolinone. Bahan kimia ini sebaiknya kamu hindari karena memiliki tingkat reaksi alergi mencapai 10 persen. Solusinya, kamu bisa pilihl produk skincare dengan rata-rata tingkat bahan reaksi alergi 1-2 persen saja.

    Yuk Baca: 12 Lightstick K-Pop Paling Menggemaskan Versi SEOUL2U.id

    Paraben

    Paraben, kayaknya kamu udah hafal ya sama bahan kosmetik satu ini. Paraben digunakan pada  kosmetik atau bahan kimia agar kosmetik atau skin care dapat bertahan lama. Zat ini bekerja menjaga integritas produk supaya pertumbuhan mikroba, jamur, dan mikroorganisme di dalam produk dapat diminimalisir. Jenis paraben ada banyak, namun yang paling umum digunakan adalah methylparaben, propil, dan butylparaben. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia, penggunaan bahan pengawet paraben yang diperkenankan adalah maksimum 0,4%-0,8% saja. Hal ini diatur dalam Peraturan Kepala BPOM No: HK.00.05.42.1018.

    Pengemulsi

    Facial wash atau cleanser mungkin dapat membuat kulitmu menjadi lebih bersih. Namun kamu perlu waspada pada kandungan sabun pembersih wajahmu. Sebab di dalam sabun pembersih wajah kerap ditemukan bahan kimia yang dapat merusak bagian lipid. Salah satu bahan pengemulsi seperti sodium lauryl sulfate (SLS). SLS mampu membersihkan kotoran dan kelebihan minyak pada wajah dengan merusak bagian lipid yang mengikat sesama sel kulit sehingga wajah menjadi kering dan rentan terhadap masalah kulit lho Seoulmate.

    Selain beberapa bahan kimia di atas, penggunaan parfum juga dapat memicu efek samping pada pemilik kulit sensitif. Nah sudah pasti kamu harus berhati-hati dan teliti membaca komposisi bahan pada skin care atau kosmetik kamu Seoulmate. Yuk jangan lupa untuk selalu update skin care dan make up mu hanya di SEOUL2U.id

    Yuk Baca: 3 Highlighter Korea Rekomendasi SEOUL2U.id!

    Read more