News » drama

  • Ternyata Begini Perjalanan Karir Jonghyun SHINee Sejak Bergabung di SM Entertainment

    0 comments / Posted on by Seoul2u Team

    Kim Jonghyun SHINee. Foto: Pinterest

    Kabar mengejutkan sekaligus duka menyelimuti K-Popers. Jonghyun, anggota group Band SHINee ditemukan tewas pada pukul 18.00 waktu Korea Selatan atau 16.00 WIB pada tanggal 18 Desember 2017. Sang kakak langsung menghubungi nomor telepon darurat 119 dan melaporkan kejadian yang menimpa adiknya itu. Superstar dengan nama lengkap Kim Jong-hyun ini telah sukses dengan berbagai hit nomor satu di Korea Selatan. Korean Herald melaporkan adik penyanyi tersebut menelpon layanan darurat setelah menemukannya dalam keadaan tidak sadarkan diri di sebuah apartemen di Seoul.

    Jonghyun pernah tampil di Jakarta pada tahun 2010 dalam Korea-Indonesia Sharing Friendship Concert. Ia mengalami cedera ringan usai konser itu karena 'diserbu' para penggemarnya. Nah, buat Seoulmate yang penasaran dengan kematian Jonghyun SHINee sekaligus ingin tahu perjalanan karirnya berikut rangkuman perjalanan karir Jonghyun :

    2005 Audisi SM Entertainment

    Jonghyun Pre Debut tahun 2005. Foto: Tumblr

    Jonghyun bergabung dengan SM Entertainment saat ia mengikuti audisi SM Academy pada tahun 2005. Ia memiliki suara yang sangat powerful dan bisa bernyanyi hingga nada empat oktaf.

    2008 Debut bersama SHINee

    SHINee 1st Mini Album. Foto: Pinterest.

    Pada akhir Mei 2008, media massa mulai memberitakan tentang adanya grup baru dari SM Entertainment yang diberi nama Shinee. Ditahun inilah Jonghyun bergabung bersama group Band yang membuat namanya semakin populer. Setelah dirilis 23 Mei 2008, album mini pertama Shinee Replay masuk ke urutan nomor 10 tangga lagu Korea sebelum terhenti di urutan nomor delapan. Album mini Replay terjual 17.957 kopi pada paruh pertama tahun 2008.


    2009 Debut sebagai penulis lagu dan mulai menulis lagu untuk SHINee

    Jonghyun di SMTown. Foto: Pinterest

    Tahun 2009, Jonghyun mulai debut sebagai penulis lagu dan menulis lagu untuk group Band nya. Jonghyun yang aktif menulis lirik dan menciptakan lagu sejak tahun 2009 ini seringkali mendapatkan inspirasi dari hal-hal yang jarang diperhatikan oleh orang-orang pada umumnya.


     

    2010 Bergabung dengan acara KBS Immortal Songs 2

    Kim Jonghyun. Foto: Tumblr

    Immortal Songs 2 merupakan versi kedua dari program Immortal Song yang berlangsung dari 2007 sampai 2009.  Saat bergabung dengan acara KBS Immortal Songs 2 tahun 2010, Jonghyun berhasil menjadi juara di babak pertama.

     

    2013 Debut sebagai komposer untuk lagu IU, A Gloomy Clock

    A Gloomy Clock, IU feat. Jonghyun. Foto: Youtube.

    Di tahun 2013, Jonghyun debut sebagai komposer yang kemudian diberikan kepada sahabatnya, IU dan masuk ke dalam album ketiga IU berjudul "Modern Times". Di tahun ini jugalah Jonghyun mengalami Kecelakaan mobil menyebabkan cedera tulang hidung.

     

    2014 Debut sebagai penyiar radio di MBC untuk program Blue Night

    Jonghyun dalam acara radio "Blue Night. Foto: AllKpop.

    Jonghyun 'SHINee' didapuk sebagai pembawa acara radio 'Blue Night' di MBC FM4U. Mendapat sambutan hangat dari pendengar dan fans, Jonghyun menyiapkan hadiah untuk mereka.

    2015 Debut menulis mini album solo

    Mini album pertama Jonghyun. Foto: Youtube.

    Debut menulis mini album solo berjudul Base dan menggelar konser solo perdana ‘The Story by Jonghyun’.

    2016 Debut merilis album studio berjudul She is

    Album She is. Foto: Redbubble.

    Album yang berjudul "She is" ini terdiri dari sembilan lagu dan delapan dari lagi tersebut diproduksi sekaligus ditulis sendiri oleh Jonghyun di tahun 2016.

    2017 Mundur sebagai penyiar radio MBC

    SHINee Japan Concert 2017. Foto: Pinterest.

    Jonghyun sudah aktif sebagai penyiar radio sejak 2014 dan menjadi penyiar tetap dalam acara Blue Night di stasiun radio MBC. Namun, pada Maret 2017 lalu ia pun berhenti dari acara tersebut menjelang dimulainya tour SHINee di Jepang dan Amerika Utara.

    Nah, Seoulmate, meski kita turut berduka dengan kepergian Jonghyun, tapi ingat life must go on. Jadi, kita sebagai K-Popers tetap harus aktif beraktivitas dan tak boleh larut meratapi kepergian Bias kita yang satu ini. Jangan lupa lengkapi koleksi skincare Korea kamu dari SEOUL2U.id. Cek juga promo dan diskon spesial di website SEOUL2U.id ya!

    Read more