0 comments / Posted on by Seoul2u Team

Seoulmate, Benarkah Sedotan Stainless Solusi Atasi Sampah Plastik?

Seoulmate, siapa diantara kalian sudah meninggalkan sedotan plastik dan beralih ke Sedotan Stainless? Tapi tahukah kamu, sebetulnya sedotan Stainless pun bukan merupakan solusi terbaik mengatasi sampah plastik lho. Mau tahu alasannya? Yuk simak!

Sudah bahaya sejak sebelum diproduksi

Sudah pasti besi didapat dari proses penambangan ya seoulmate. Nah dikutip dari GenPi, proses kimia juga perlu dilakukan agar besi dan kromium bisa dimurnikan dari mineral lain. Lubang bekas tambang seringkali dibiarkan begitu saja, hingga membentuk “danau” buatan yang berbahaya.

Bahkan saat sedotan stainless masuk dalam tahap pembuatan di pabrik, jika limbahnya tidak diolah dengan baik akan menjadi pencemaran lingkungan. Sehingga beberapa saluran air bahkan sungai pun tercemar

Yuk Baca: 12 Lightstick K-Pop Paling Menggemaskan Versi SEOUL2U.id

Energi yang dibutuhkan saat membuat 1 sedotan stainless

Menurut sebuah riset yang dilakukan peneliti di Humboldt State University, untuk membuat 1 sedotan plastik dibutuhkan energi 23.700 joule energi. Sedangkan untuk membuat 1 sedotan besi, butuh energi sebesar 2.420.000 joule! Energi ini dipakai selama proses produksi, mulai dari menyiapkan bahan, pembentukan, sampai terbentuk hasil akhir lho.

Yuk Baca: Gak Perlu Banyak-Banyak, Ini Lho Make Up yang Diperlukan Pemula! 

Penghasil Co2 2x lipat sedotan plastik

Sebagai perbandingan, pembuatan 1 sedotan plastik menghasilkan 1,47 gram karbondioksida (Co2), sementara 1 sedotan stainless steel menghasilkan hampir 200 kali lipat CO2 atau sekitar 217 gram! Selain menyebabkan polusi air, nyatanya produksi sedotan besi juga meninggalkan polusi udara yang nggak kalah mengkhawatirkan ya Seoulmate >.<

Begitulah kira-kira 'si penyelamat’ sedotan stainless steel terbentuk. Kalau dilihat dari sisi produksinya, sedotan stainless masih tidak ramah lingkungan ya Seoulmate?  Sebisa mungkin untuk kamu berpikir 2 kali saat ingin menggunakan sedotan stainless ya. Kamu bisa gunakan opsi lain: minum langsung tanpa sedotan! Yuk mari kita dukung, #GerakanMinumTanpaSedotan Seoulmate!

Yuk Baca:
Seoulmate ini Dia Masker Buah untuk Kamu Pemilik Kulit Kering 
Seoulmate, Ketahui Cara Gunakan Beauty Blender Yang Benar Yuk! 
Yuk Mulai Peduli Kesehatan Kulit Wajah dengan Keperluan Skin Care Pemula Ini

 

#BeautyInsight

#NewbieSeries

Skincare

Make Up

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing